Sabtu, 22 Februari 2014

Balada UN

UN. Dua huruf itu, bagi gua sangat sakral. Yeah..sakral. bukan karena kemistisannya..tapi karena banyak korban2 yg berjatuhan karenanya. Korban yang tidak bisa menghadapi kedua huruf itu, dinyatakan 'tidak lulus'.

Yah. Perkenalkan gua fatur, biasa dipanggil sungha (ngarep). Gua sekarang bersekolah di salah satu sma di kota bekasi. Sebut aja sma 'komplek'. Kenapa namanya harus sma komplek??? Mau tau jawabannya? Karena..sma nya terletak di dalam sebuah..komplek perumahan. ya, sesimpel itu. sebenernya gua sama sekali gaada niatan buat masuk nih sekolah. Tapi ada cerita dibalik semua ini...kenapa gua bisa masuk nih sekolah. Sekolah yang, secara garis besar, udah ngubah jalan hidup gua.

Semua berawal dari dua huruf. Apa lagi kalo bukan..UN. yeah, UN. alias 'Ujian Nasional'. Bagi beberapa orang, mendengar dua huruf ini aja bisa jadi kejang2 sampe keluar busa dimulutnya. Oke, itu lebay. Back to the point, jadi pas jaman gua masih smp, angkatan gua itu jadi angkatan yang paling sial. Kenapa? Itu karenaa angkatan gua UN nya beda sama angkatan2 sebelom gua. Bayangin, soal UN nya ada 20 paket. Ya, 20. Jadi satu ruangan itu, soalnya gaada yg sama. think. THINK. Ini gimana coba caranya gua bisa lirik kanan kiri. Bukannya dapet jawaban, yang ada mata gua malah jadi juling.

Kondisi ini membuat temen2 gua jadi panik. Ada yg teriak2 lah, kejang2 lah, ada yg lari2 bawa ayam goreng (belakangan ketahuan kalo ternyata dia maling kantin). Gua sendiri sih ga terlalu panik. Bukan. Bukan karena gua pinter. Tapi karena gua bego. "Selow aja tur. Ntar kan bisa beli" kata bima, temen seperjuangan gua. Yah...isu2 "kunci jawaban" emang udah nyebar di kalangan anak2 'bandel'. Padahal mereka2 tau sendiri kalo UNnya 20 paket. Bayangin aja, masa' bawa2 kunci jawaban 20 paket? Pasti bakal rempong itu. Tapi karena gua bego, akhirnya gua beli juga tuh kunci.

Akhirnya hari yang nggak ditunggu dateng juga. gua melewati masa 4 hari UN dengan rasa berat. Dan parahnya lagi, kunci jawaban yang udah cape2 gua beli, gak kepake sama sekali. Ya, sama sekali. Kenapa? Karena..gua takut kepergok pengawas. Ya, kepergok. Gua yang pas itu berotak bego dan penakut, bisa ngelewatin UN tanpa kunci. Yeah, that's cool. Dan gua nyesel setengah mati, udh ngabisin duit ratusan ribu, cuman buat beli kunci jawaban yang akhirnya sia2 gak kepake. Ini sesuatu bgt. Yah...nasi udah jadi bubur.

Setelah masa2 UN udh selesai, akhirnya datang hari yang menegangkan. Apa itu sodara sodaraa? Itu gak lain gak bukan adalah PENGUMUMAN NEM. Hari itu gua nervous setengah mati. Persis kambing yang mau disembelih. Bedanya, gua lebih ganteng daripada kambing. Dan setelah menunggu agak lama, keluar juga tuh nem. Dan nem gua ternyata...28,85. Gua nangis darah. Tapi tangis gua berhenti ketika gua mendapati temen gua, nem-nya cuman 17, karena dia ngikutin semua kunci jawaban. Yeah. Belakangan diketahui kalo ternyata, kunci jawaban yang gua beli itu, fake alias palsu. Thanks god. Gua merasa beruntung. Dan nem gua yang tergolong pas2an itu, tanpa gua sadari telah menuntun gua masuk ke sekolah gua yang sekarang. Yang gak gua sangka2 sebelumya. Ya, sma 'komplek'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar